9 Trik Dari Trader Forex Yang Sukses

Untuk semua angka, grafik, dan rasio, perdagangan lebih merupakan seni daripada sains. Seperti dalam upaya artistik, ada bakat yang terlibat, tetapi bakat hanya akan membawa Anda sejauh ini. Pedagang terbaik mengasah keterampilan mereka melalui latihan dan disiplin. Mereka melakukan analisis diri untuk melihat apa yang mendorong perdagangan mereka dan belajar bagaimana menjaga ketakutan dan keserakahan dari persamaan. Dalam artikel ini kita akan melihat sembilan langkah yang dapat digunakan oleh trader pemula untuk menyempurnakan keahliannya. Untuk para ahli di luar sana, Anda mungkin hanya menemukan beberapa tips yang akan membantu Anda membuat perdagangan yang lebih cerdas dan lebih menguntungkan juga.

1. Tentukan Tujuan Anda dan Pilih Gaya Perdagangan yang Kompatibel

Sebelum Anda memulai perjalanan apa pun, Anda harus memiliki beberapa gagasan tentang tujuan Anda dan bagaimana Anda akan sampai di sana. Oleh karena itu, penting untuk memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran, kemudian pastikan metode perdagangan Anda mampu mencapai tujuan-tujuan ini. Setiap gaya perdagangan memiliki profil risiko yang berbeda, yang membutuhkan sikap dan pendekatan tertentu untuk berhasil berdagang. Misalnya, jika Anda tidak dapat tidur dengan posisi terbuka di pasar maka Anda dapat mempertimbangkan perdagangan hari. Di sisi lain, jika Anda memiliki dana yang Anda pikir akan mendapat manfaat dari apresiasi perdagangan selama beberapa bulan, Anda mungkin lebih sebagai pedagang posisi. Pastikan kepribadian Anda sesuai dengan gaya trading yang Anda lakukan. Ketidakcocokan kepribadian akan menyebabkan stres dan kerugian tertentu.

2. Pilih Makelar yang Menawarkan Platform Perdagangan yang Tepat

Memilih makelar terkemuka adalah sangat penting dan menghabiskan waktu untuk meneliti perbedaan antara makelar akan sangat membantu. Anda harus tahu kebijakan masing-masing makelar dan bagaimana dia membuat pasar. Sebagai contoh, perdagangan di pasar perhitungan berlebihan atau pasar spot berbeda dari perdagangan pasar yang digerakkan oleh pertukaran. Juga pastikan platform perdagangan makelar Anda cocok untuk analisis yang ingin Anda lakukan. Misalnya, jika Anda ingin memperdagangkan nomor Fibonacci, pastikan platform makelar dapat menarik garis Fibonacci. Makelar yang bagus dengan platform yang buruk, atau platform yang bagus dengan makelar yang buruk, bisa menjadi masalah. Pastikan Anda mendapatkan yang terbaik dari keduanya.

3. Pilih Metodologi dan Konsisten Dalam Penerapannya

Sebelum Anda memasuki pasar apa pun sebagai pedagang, Anda perlu memiliki beberapa gagasan tentang bagaimana Anda akan membuat keputusan untuk melaksanakan perdagangan Anda. Anda harus tahu informasi apa yang Anda perlukan untuk membuat keputusan yang tepat saat memasuki atau keluar dari suatu perdagangan. Beberapa orang memilih untuk melihat dasar-dasar ekonomi yang mendasari serta grafik untuk menentukan waktu terbaik untuk mengeksekusi perdagangan. Lainnya hanya menggunakan analisis teknis. Apapun metodologi yang Anda pilih, konsisten dan pastikan metodologi Anda adaptif. Sistem Anda harus mengikuti perubahan dinamika pasar. (Untuk membaca terkait, lihat: 4 Strategi Investasi untuk Dipelajari Sebelum Perdagangan.)

4. Pilih Entri dan Keluar Rentang waktu Anda Dengan Hati-hati

Banyak pedagang bingung dengan informasi yang bertentangan yang terjadi ketika melihat grafik dalam rentang waktu yang berbeda. Apa yang muncul sebagai peluang membeli pada grafik mingguan bisa, pada kenyataannya, muncul sebagai sinyal jual pada grafik intraday. Oleh karena itu, jika Anda mengambil arah perdagangan dasar Anda dari grafik mingguan dan menggunakan grafik harian untuk masuk waktu, pastikan untuk menyinkronkan keduanya. Dengan kata lain, jika grafik mingguan memberi Anda sinyal beli, tunggu hingga grafik harian juga mengkonfirmasi sinyal beli. Tetap sinkronkan waktu Anda.

5. Hitung Harapan Anda

Harapan adalah rumus yang Anda gunakan untuk menentukan seberapa andal sistem Anda. Anda harus kembali ke masa lalu dan mengukur semua perdagangan Anda yang menang versus pecundang, kemudian tentukan seberapa menguntungkan perdagangan Anda menang versus berapa banyak kehilangan perdagangan Anda hilang.

Lihatlah 10 perdagangan terakhir Anda. Jika Anda belum melakukan perdagangan yang sebenarnya, kembalilah ke grafik Anda ke tempat sistem Anda akan mengindikasikan bahwa Anda harus masuk dan keluar dari perdagangan. Tentukan apakah Anda akan mendapat untung atau rugi. Tuliskan hasil ini. Jumlahkan semua perdagangan kemenangan Anda dan bagi jawabannya dengan jumlah perdagangan pemenang yang Anda lakukan.

6. Fokus Pada Perdagangan Anda dan Belajar Menyukai Kerugian Kecil

Setelah Anda mendanai akun Anda, hal terpenting untuk diingat adalah uang Anda berisiko. Oleh karena itu, uang Anda tidak diperlukan untuk biaya hidup sehari-hari. Pikirkan uang perdagangan Anda seperti uang liburan. Setelah liburan selesai, uang Anda dihabiskan. Memiliki sikap yang sama terhadap perdagangan. Ini secara psikologis akan mempersiapkan Anda untuk menerima kerugian kecil, yang merupakan kunci untuk mengelola risiko Anda. Dengan berfokus pada perdagangan Anda dan menerima kerugian kecil daripada terus menghitung ekuitas Anda, Anda akan jauh lebih sukses.

Kedua, hanya tingkatkan perdagangan Anda ke risiko maksimum 2% dari total dana Anda. Dengan kata lain, jika Anda memiliki $10.000 dalam akun perdagangan Anda, jangan pernah membiarkan perdagangan kehilangan lebih dari 2% dari nilai akun, atau $200. Jika Anda berhenti lebih jauh dari 2% dari akun Anda, perdagangkan jangka waktu yang lebih pendek atau kurangi leverage.

7. Bangun Putaran Umpan Balik Positif

Sebuah umpan balik positif dibuat sebagai hasil dari perdagangan yang dilaksanakan dengan baik sesuai dengan rencana Anda. Ketika Anda merencanakan perdagangan dan melaksanakannya dengan baik, Anda membentuk pola umpan balik positif. Sukses melahirkan kesuksesan, yang pada gilirannya melahirkan kepercayaan, terutama jika perdagangan menguntungkan. Bahkan jika Anda mengambil kerugian kecil tetapi melakukannya sesuai dengan perdagangan yang direncanakan, maka Anda akan membangun umpan balik positif.

8. Lakukan Analisis Akhir Pekan

Pada akhir pekan, ketika pasar ditutup, pelajari grafik mingguan untuk mencari pola atau berita yang dapat memengaruhi perdagangan Anda. Mungkin sebuah pola sedang membuat puncak ganda dan para pakar dan berita menyarankan pembalikan pasar. Ini adalah semacam refleksivitas di mana pola tersebut dapat mendorong para pakar, yang kemudian memperkuat pola tersebut. Atau para pakar mungkin mengatakan kepada Anda bahwa pasar akan meledak, berharap untuk memikat Anda ke pasar sehingga mereka dapat menjual posisi mereka pada peningkatan likuiditas. Ini adalah jenis tindakan yang harus dicari untuk membantu Anda merumuskan minggu perdagangan yang akan datang. Dalam cahaya obyektif, Anda akan membuat rencana terbaik Anda. Tunggu pengaturan Anda dan belajar bersabar.

9. Simpan Catatan yang Dicetak

Rekaman cetak adalah alat pembelajaran yang hebat. Cetak bagan dan cantumkan semua alasan untuk perdagangan, termasuk dasar-dasar yang mempengaruhi keputusan Anda. Tandai bagan dengan entri Anda dan poin keluar Anda. Buat komentar yang relevan di grafik, termasuk alasan emosional untuk mengambil tindakan. Apakah kamu panik? Apakah kamu terlalu serakah? Apakah kamu penuh kecemasan? Hanya ketika Anda dapat merealisasikan perdagangan Anda bahwa Anda akan mengembangkan kontrol mental dan disiplin untuk melaksanakan sesuai dengan sistem Anda, bukan kebiasaan atau emosi Anda.

Garis Bawah

Langkah-langkah di atas akan mengarahkan Anda ke pendekatan terstruktur untuk berdagang dan akan membantu Anda menjadi pedagang yang lebih halus. Perdagangan adalah seni, dan satu-satunya cara untuk menjadi semakin mahir adalah melalui praktik yang konsisten dan disiplin.

Sumber : Investopedia